Cara Flash - Instal Ulang Firmware Nokia Symbian OS


Flashing atau yang dikenal dengan sebutan flash saja, merupakan tindakan menginstal ulang, memperbaharui dan atau mendowngrade versi perangkat lunak sistem. Seperti ponsel-ponsel pintar sekarang Android atau iOS setiap serinya dibekali dengan software update pada menu pengaturan.


Fungsi utama dari pembaharuan lunak sendiri yaitu sebagai perbaikan dari bug sistem sebelumnya, dengan dukungan pembaruan sistem di perangkat Andorid ataupun iOS akan memperbaiki dari permasalahan yang dikeluhkan pengguna, misalnya ada sinyal wifi lemah, kamera mengalami kendala, dan yang lain sebagainya terkadang hanya dengan mengupdate versi software, permasalahan bisa terselesaikan.

Begitupula dengan telepon pintar lawas Nokia Symbian, bagi sahabat yang masih setia atau mengoleksi ponsel jadulnya pasti pernah mengalami yang namanya bug sistem seperti layaknya Smartphone pintar sekarang. Saya contohnya punya salah satu koleksi Symbian Nokia N82, dahulu ketika membeli bekas software bawaannya masih menggunakan versi pertama dari pabrik. 

Versi tersebut saya temukan kendala didalamnya, ketika membuka banyak aplikasi dan hendak melakukan multitasking ke aplikasi yang lain ponsel seringkali mengalami hang beberapa saat atau bahkan tidak dapat merespon sama sekali jadi harus di matikan paksa atau dicabut baterai.


Kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara kita memflash ponsel jadul kesayangan, entah itu mau diupdate versi atau mau sekedar instal ulang saja karena ponsel terkunci dan lupa kode keamanan atau ingin mendowngradenya, misal Nokia E6-00 Symbian Belle ingin dikembalikan ke versi pabrikan awal Symbian Anna tentu sangat bisa.


Pastikan peralatan dan Software yang kita butuhkan sekarang sudah siap dan terinstal;


1. Ponsel Nokia Symbian
2. Kabel data
4. Firmware 


Langkah-langkah Flashing;


1. Pastikan Nokia PC Suite dan Software Flash sudah terinstal, jika anda belum menginstal silahkan mendownload dan lakukan penginstalan, klik tautan peralatan diatas dan masukkan password Zip/Rar - www.renaldy25.blogspot.com -.

2. Siapkan Firmware sesuai tipe ponsel Nokia Symbian file bisa diunduh di symbianesia.com/firmware, untuk passwordnya anda bisa memasukkan dengan kata kunci - sahabatsymbianersindonesia@symbianesia.com - atau - sahabatsymbianersindonesia@symbian.id -.

3. Silahkan anda membuat folder di Local Disk (D) atau (E), misalnya saya akan membuat folder di Local D maka buat subfolder dengan nama Local Disk (D) > Mobile > Nokia > Product.

4. Ekstrak Firmware yang sudah kita download sebelumnya dan pindahakan file-file pada isian folder yang telah kita ekstrak tadi ke dalam folder yang sudah kita buat sebelumnya,  Local Disk (D) > Mobile > Nokia > Product > lalu buat folder baru lagi dengan nama tipe yang akan di flash "RM-xxx" contoh saya mau flash tipe RM-609.

5. Buka Software Flash atau Nokia Infinity Best > Settings > DataPackage path > Change active dir > pilih destinasi folder yang kita buat tadi sesuai poin no.3 dengan akhiran folder Product, Local Disk (D) > Mobile > Nokia > Product.

6. Siapkan ponsel dengan keadaan dimatikan, pastikan baterai ponsel setidaknya telah terisi atau tersisa 50%.

7. Kembali atau buka program Nokia Infinity Best, lihat pada bagian select model > cari atau ketikkan RM- sesuai yang kita buat folder akhiran tadi (lihat point no.4) maka akan muncul otomatis list software update seperti berikut.


8. Selanjutnya checklist pada Flash Settings > centang DeadMode, Flash Mode Settings > pilih FullFlash atau lihat seperti gambar dibawah ini, lalu untuk tahap akhir klik FLASH.


9.  Segera sambungkan kabel data dari ponsel yang sudah siap tadi ke laptop atau komputer, maka program best akan mengenali perangkat seluler dan melakukan proses flashing tunggu hingga beberapa saat atau sedikitnya 2-3 menit.


10. Layar ponsel akan muncul tampilan local mode tetap tunggu hingga proses di komputer selesai, jangan mencabut kabel data atau ponsel sebelum selesai hal ini dapat menggagalkan flash. Jika ponsel restart dengan sendirinya lalu menampilkan pilihan negara asal, berarti ponsel sudah selesai flashing dan anda sudah bisa mencabut kabel data atau USB.



Demikian sedikit tutorial flashing dari saya, kiranya melalui tulisan saya bisa bermanfaat bagi pembaca terkhusus untuk yang ingin memflash ponsel Nokia Symbian lamanya.
Saya juga berterimakasih kepada symbianesia.com karena sudah berbagi file yang sangat penting ini kepada kita semua.

Komentar