Cara Hardreset Nokia S60 (All Symbian OS)

Melakukan Hardreset atau kembali ke pengaturan pabrik merupakan tindakan yang dapat menghapus seluruh data di ponsel meliputi; Foto, video, musik, aplikasi maupun kontak terkecuali jika file sudah di backup ke SD Card. Pengguna ponsel Nokia Symbian sendiri kemungkinan akan melakukan pengresetan jika dirasa hpnya sudah agak lemot, gagal pasang aplikasi ataupun ingin merefresh kembali.


Berikut cara atau langkah-langkah akan saya uraikan; 


1. MELALUI DIAL UP

Tekan *#7370# akan muncul notifikasi pengresetan lanjut saja, lalu masukan kode kunci standar Nokia umumnya 12345.

Jika kode standar umumnya tidak bisa atau gagal kemungkinan sudah pernah anda ganti ataupun diganti pemilik sebelumnya, jika sudah lupa maka diperlukan Flashing. Atau ada alternatif lain menggunakan cara yang kedua, tapi dengan catatan tidak semua tipe Symbian Nokia bisa lolos reset dengan cara yang kedua berikut. 

Terdapat resiko bisa stuck setelah logo dan anda tetap dimintai kode kunci yang pernah dirubah sebelumnya, jika anda siap konsekuensinya maka anda tetap bisa melanjutkan dan ikut cara yang kedua apabila setelahnya tidak bisa & terjadi stuck kode kunci maka harus diperlukan Flashing.

 

2. MELALUI 3 JARI

Cara yang kedua ini dapat digunakan apabila HP anda mengalami stuck/restart di logo akibat gagal pasang aplikasi, font ataupun bug sistem dan virus maka anda dapat melakukan dengan langkah sebagai berikut;

 

- Symbian OS S60, S60V2 & S60V3

Pastikan hp anda pada posisi off > tekan dan tahan pada tombol (*), (3), (Call/hijau) > lalu tekan tombol power atau nyalakan ponsel secara bersamaan tahan hingga proses booting selesai. Apabila mengalami kesulitan menekan tombol maka anda bisa meminta bantuan teman atau dilakukan 2 orang.

 

- Symbian OS S60V5

Matikan Ponsel > tekan dan tahan pada tombol (Call/hijau), (End call/merah), (Tombol kamera) > kemudian nyalakan ponsel atau tekan tombol secara bersamaan tunggu hingga selesai booting.

 

- Symbian OS Anna & Belle

Matikan ponsel > tekan & tahan tombol (Volume -), (Tombol Kamera), (Menu) secara bersamaan > setelahnya tekan tombol power tunggu hingga selesai.

 

- Edisi khusus Nokia N97, Nokia N97 Mini, Nokia E6 & Nokia C6 (Touch-Keyboard)

Pastikan ponsel sudah off > tekan & tahan tombol (Shift), (Spasi), (Delete) > selanjutnya tekan tombol power 1x sampai getar setelah itu lepaskan hanya tombol powernya saja tunggu hingga selesai booting baru lepaskan semua tombol.

 

Jika anda hanya ingin melakukan Softreset atau kembali ke pengaturan bawaan tanpa perlu menghapus seluruh data, maka anda tidak perlu melakukan cara Hardreset diatas, anda cukup pada Dial up tekan *#7780# masukan kode standar 12345 atau juga bisa melalui menu pengaturan.


Demikian sharing saya mengenai Cara reset HP Nokia Symbian, mungkin disini ada yang sehobi nostalgia hp jadul maka salam kenal dari saya nggih hehehe, Terimakasih semoga bermanfaat.

Komentar