Daftar Ekspedisi Logistik Berdasarkan Pengalaman Pribadi

 

Dalam membeli kebutuhan barang-barang sekarang ini tidak seperti dahulu yang harus ke toko, cari ini itu barangnya kosong dan pindah ke tempat lain, wah sungguh kurang relevan kalau anda punya sedikit waktu. 

Perkembangan teknologi memberikan dampak terhadap pemasaran, sebagai contoh bisa dilihat dari sekarang seperti Shoppe, Tokopedia, Lazada, dll hanya perlu melalui genggaman barang sudah datang dirumah.


Untuk itu, layanan ekspedisi menjadi hal yang sangat dibutuhkan sebagai perantara kirim-kirim antar kota, provinsi bahkan pulau. Berikut merupakan pengalaman versi saya pribadi dalam menggunakan jasa ekspedisi logistik dan bukan bermaksud untuk menjelek-jelekan sebuah ekspedisi. 


1. TIKI

Menjajal kirim-kirim paket pertama saya memakai Tiki pada tahun 2016, pengiriman dari Kabupaten Kebumen ke Kota Surakarta membutuhkan waktu 2 hari sampai. Hingga saat ini saya masih berlangganan kirim kilat (ONS) untuk kirim ke Kotamadya dan langsung sampai keesokan harinya, selalu on time!


2. SiCepat

Ekspedisi ini juga menjadi yang tercepat dikarenakan selalu on time dan langsung dikirim setelah ada catatan di pelacakan paket "sedang diantar ke alamat penerima" tanpa pandang bulu itu kantor atau rumah, jam 9 malampun tetap diantarkan sampai di tempat kantor tanpa menunda keesokan harinnya. Mungkin bisa juga ditunda apabila di kantor/rumah anda sudah tutup dan tidak ada orang yang berjaga.


3. J&T Express

Awalnya saya kira itu sama dengan JET Express ternyata berbeda, ekspedisi ini dulunya menggunakan foto Deddy Corbuzier sebagai branding disetiap cabangnya di seluruh kota-kota. Penggunaan jasa logistik ini saya jajal ketika awal boomingnya olshop seperti Shoppe. Cukup cepat rata-rata pengirimannya estimasi 2-3 hari sudah datang, sesekali pernah kirim dari Jakarta ke Solo 1 hari sudah datang wow.


4. Anteraja

Layanan logistik satu ini menurut pengalaman, paket agak lama sampai dari layanan regular-regular ekspedisi lain. Ketika setelah checkout platform toko oranye ada promo menarik dari layanan anteraja, gratis ongkir 0 rupiah lantas saya gunakan. Setelah penjual mengemas lalu diserahkan ke jasa pengiriman, saya menunggu paket melebihi sehari dari estimasi sampai. Mungkin apa dikarenakan banyaknya yang checkout spesial promo jadinya lebih molor kali ya, tapi setelah itu coba kirim lagi tanpa spesial promo (angka tanggal & bulan sama) kenapa masih sama juga ya hehehe Entar Aja deh jadinya kan.


5. Wahana Express 

Agak asing mendengar logistik ini mungkin karena saya belum pernah nemu cabang-cabang atau agen yang tempatnya kurang strategis, jadi baru tahu setelah beberapa hari terkahir checkout dan menggunakan jasa ini. 

Untuk layanan regular dari Bandung ke Solo sebenarnya dihitung dari kurrir pickup barang estimasi 2 hari sampai, sedikit cerita pengirim menyerahkan ke agen dihari sabtu, hingga senin pagi saya cek keterangan resi masih ngestuck di agen, lantas saya tanyakan ke CS kenapa 2 hari belum diambil di agen. Ternyata untuk hari minggu dan tanggal merah pihak Wahana libur, sempet kaget juga 2 hari tidak diambil eh tidak tahunya memang off day

Saran saya jika menggunakan ekspedisi ini jangan kirim dihari weekend dan pilihlah pada hari kerja, untuk biaya kirim Wahana Express lebih murah dibandingkan dengan ekspedisi lainnya. 


Itulah beberapa sharing layanan ekspedisi logistik versi saya pribadi, bagaimana pengalamanmu? Kiranya melalui tulisan ini pihak jasa kirim bisa lebih meningkatkan kualitas atau memperbaiki sistem layanannya sehingga bisa memuaskan para konsumen, sekian dan terimakasih.

Komentar