Cara Mengecek Keaslian Smartphone Xiaomi

Ponsel Xiaomi adalah smartphone dengan harga yang relevan namun fitur juga lega, brand satu ini merupakan merek yang paling populer di Indonesia. 

Karena kepopulerannya, kini bahkan sejak beberapa waktu yang lalu marak ada beberapa kasus pemalsuan produk yang bukan pabrikan resmi dari Xiaomi, hal ini sangat merugikan konsumen terutama bagi yang ingin membeli sebuah produk baru ataupun bekas yang ada di Marketplace.


Untuk mengetahuinya, ada 2 cara untuk mengeceknya apakah itu Asli dari Xiaomi atau merupakan ponsel KW alias palsu, berikut akan saya uraikan bagaimana mengecek ponsel asli dari Xiaomi;


1. Cek Melalui Website Mi Product Verification

✔ Buka laman browser Product Authentication di PC/Laptop 

✔ Masukkan nomor IMEI ponsel ke dalam kolom, melihat IMEI ponsel bisa melalui dial up tekan *#06# atau lihat pada dusbook produk

✔ Masukkan kode verifikasi sesuai yang tampil dilayar, lalu klik Verify


Jika berhasil maka akan mendapatkan informasi produk yang anda beli seperti berikut;

Ponsel old Xiaomi mempunyai dua jenis Garansi; TAM & Distributor, apabila muncul seperti gambar dibawah maka tidak perlu khawatir, karena jenis ponsel ini merupakan pembelian dari garansi distributor (non official) namun masih pabrikan original Xiaomi.



2. Menginstal Aplikasi Devcheck

Aplikasi Devcheck sangat berguna sekali untuk mengetahui spesifikasi, sistem maupun hardware yang tertanam di smartphone kita, untuk mengunduhnya bisa melalui Playstore

Untuk selanjutnya, silahkan anda cocokan fiturnya dengan dusbook atau bisa melihat spesifikasi di website GSMArena.

Apabila spesifikasinya cocok maka dipastikan ponsel yang anda beli merupakan ponsel yang asli, karena sama dengan produk yang resmi dikeluarkan pabrikan. Cara yang kedua ini juga bisa digunakan untuk cek smartphone brand lainnya.


Demikian sedikit info dari saya, harap berhati-berhati dan dicek jika ingin membeli Smartphone karena masih marak pemalsuan ponsel. Sebenarnya bukan hanya produk Xiaomi, seperti Oppo & Samsung juga serupa pernah saya temukan.


Sekian & semoga bermanfaat

Terimakasih

Komentar