Awas Radiasi HP Berbahaya !

Apa itu Radiasi ? Pengertian radiasi dalam fisika, mendeskripsikan setiap proses di mana energi bergerak melalui media atau melalui ruang, dan akhirnya diserap oleh benda lain. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi saat ini, Manusia sangat tergantung sekali dengan handphone terutama dalam berkomunikasi sehari- hari.Hal ini mungkin disebabkan karena makin sibuknya aktivitas manusia sehingga sulit untuk berbincang dengan tatap muka,sehingga cara efektif yang ditempuh adalah berbincang melalui ponsel/ handphone. Selain dinilai efektif waktu juga hemat biaya apalagi sekarang pulsa sudah tidak semahal jaman 90-an.

Banyak operator yang bersaing menawarkan tarif yang lebih murah. Jelas itu sangat menguntungkan konsumen seperti kita.Tetapi kita harus berhati hati juga karena menggunakan handphone terlalu lama akan berbahaya buat kesehatan kita.Pernahkan Anda mendengar bahwa radiasi handphone bisa mengakibatkan kanker otak???  wah mendengarnya sangat ngeri sekali yah?? Meskipun belum terbukti kebenarannya, tetapi memang benar bahwa handphone memancarkan radiasi sangat tinggi.Badan FCC Amerika telah menguji tingkat radiasi yang dipancarkan handphone.

Kekuatan radiasi handphone akan diterima oleh otak (SAR) Specific Absorbtion Rate diukur dalam satuan watt/kg. FCC menetapkan bahwa semua handphone yang memancarkan radiasi diatas 1,6 watt/kg dilarang untuk diproduksi (di Amerika). Anda bisa mencari informasi melalui internet (contoh www.gsmarena.com) berapa tingkat radiasi handphone Anda, Apakah bisa dikatakan Aman?

Ada beberapa cara / Tips untuk mengurangi radiasi : 


a. Jika memungkin kan gunakan peralatan tambahan misalnya headset ketika sedang
berbicara/menelpon 

b. Sebisa mungkin kalau masih bisa SMS jangan telp,karena energi yang digunakan dalam SMS sangat kecil otomatis radiasinya juga kecil.Disamping itu juga hemat biaya kan? 

c. Hindari penggunaan handphone jika berada ditempat tempat yang sinyalnya lemah.Karena semakin lemah sinyal energi yang bekerja semakin besar berarti radiasinya juga besar bukan?  d. Hindari pula penggunaan handphone pada anak- anak,karena otak anak-anak dapat menerima energi yang lebih cepat dan lebih banyak daripada orang dewasa. 

e. Saat ponsel menyala, jangan menyimpannya dekat bagian tubuh Anda. Badan kita dapat menyerap radiasi yang membahayakan, jadi jauhkan dari anggota badan (termasuk di saku). Terkadang saking besarnya kebutuhan berkomunikasi, sampai- sampai ponsel pun tidur di samping kita. Hal ini sebaiknya dihindari untuk mengurangi kemungkinan terkena radiasi. di dalam pepatah : "Mencegah lebih baik daripada Mengobati"

Begitulah sedikit informasi yang Saya Share, Semoga bermanfaat ! Terimakasih.

Komentar