Pandemi Belum Berakhir? Yuk Tetap Jalani Aktivitas Dengan Happy!


Virus Corona atau yang disebut Coronavirus/Covid-19 saat ini sempat menggegerkan dunia publik karena kehadiranya. Sebuah kota di negara Cina bernama Wuhan dituduh sebagai pusat biang keladi pandemi saat ini. Coronavirus mulai masuk di Indonesia bermula pada bulan Maret 2020 silam, hingga sampai saat ini korban positif di Indonesia sudah mencapai 86.521 (data 19 Juli 2020).

Pastinya efek pandemi saat ini membuat banyak diantara kita merasa gelisah, cemas maupun khawatir. Mengenai hal tersebut saya penulis bermaksud mengajak saudara-saudara semua untuk beraktivitas dengan menerapkan protokol kesahatan, demi memutus penyebaran virus. 


Berikut beberapa cara bagaimana kita menjalankan kehidupan meskipun tanda kutip hidup berdampingan dengan virus;


1. Tetap Beribadah & Berdoa

Doa Bersama Natal Peduli Kasih 2018
 Dok: Doa Bersama - Natal Peduli Kasih Sevka 2018

Ini penting kita sebagai umat Tuhan wajibnya kita panjatkan doa untuk saudara-saudara kita yang terdampak, juga berdoa untuk pemulihan bangsa, serta untuk kesehatan keluarga kita masing-masing. 
Untuk itu jangan lupa tetap berdoa dan beribadah dengan mengikuti prosedur protokol yang ditentukan, percaya saja pasti pandemi bakal berakhir.

2. Memulai Aktivitas dengan Menerapkan Protokol

  Ilustrasi: Shutterstock

Untuk yang bekerja jangan lupa mengenakan masker tiap hari, ingat apabila anda bekerja di ruangan/kantor hendaknya selalu membuka sirkulasi udara baik dari pintu maupun jendela, supaya ruangan kerja anda tidak lembab. Bagi anda pekerja diluar (lapangan) tetap patuhi protokol gunakan masker, jaga jarak dengan orang-orang dan selalu bawa handsanitizer.

Bagi yang bersekolah, di kota Surakarta saat ini hari masuk sekolah pembelajaran baru secara tatap muka, akan dimulai pada bulan Desember mendatang. Kiranya adik-adik atau teman-teman semua, mengingat supaya tetap belajar, jangan malas-malasan dirumah, jangan cuma main game aja ya hehehe. 

Buat pembelajaran dirumah terasa menyenangkan sembari belajar/mengerjakan tugas dengan mendengarkan musik contohnya (ini saya banget). 

Apabila ada pernyataan ataupun soal yang kurang dipahami bisa menanyakan kepada bapak ibu guru, teman atau saudara. Memakai seragam sekolah sewaktu pembelajaran dirumah tidak ada salahnya, justru jadikan itu sebagai semangat khususnya buat kalian adik-adik peserta didik baru nih.

3. Konsumsi Makanan Bergizi, Vitamin C & Olahraga teratur

  Bukan lagi ngendorse.

Wajib mencuci tangan sebelum makan oke, makan makanan sehat seperti; sayur, buah-buahan, serta konsumsi vitamin C dan banyak minum air putih akan membuat daya tahan tubuh lebih kuat. 

Agendakan dan jadikan olahraga sebagai rutinitas setiap akhir pekan atau beberapa hari sekali seperti melakukan jogging, bersepeda, badminton bersama teman-teman akan membuat rasa happy dan tubuh merasa sehat dengan tetap menerapkan protokol ya.

4. Tidur yang cukup

Foto: Nadya Khalifa - Dunia Kucing Indonesia Facebook Grup 

Tidur atau istirahat juga sangat mempengaruhi, umumnya waktu tidur normal 7-8 jam untuk orang dewasa. 

Bagi anda yang seharian pagi sampai malam beraktivitas sibuk, alangkah baiknya untuk tetap meluangkan tidur sesuai waktu yang ditentukan, kurang tidur dapat menyebabkan hilangnya fokus, badan terasa lelah, bahkan membuat tubuh rentan sakit.

5. Piknik

Refreshing New Normal - Telaga Sarangan 25 Jun 2020

Nah yang terakhir ini yang paling ditunggu-tunggu sudah amat terlalu lama kita #DirumahAja, tapi perlu diketahui, beberapa tempat wisata saat ini sudah mulai dibuka dengan ketentuan pembatasan pengunjung.

Refreshing New Normal - Telaga Sarangan 25 Jun 2020

Saya misalnya, 25 Juni kemarin bersama teman saya melipir sejenak ke Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur. Tempat wisata disana benar-benar sudah menerapkan protokol, dari pintu masuk dilakukan pengecekan suhu badan dan disediakannya tempat cuci tangan untuk para pengunjung.

Bagi yang ingin berekreasi atau liburan tipis-tipis boleh aja kalau mau piknik, asalkan harus patuhi protokol kesehatan yang ada. Apabila merasa kurang enak badan alangkah baiknya untuk menunda dahulu rencana berekreasinya.


Akhir kata, itulah beberapa tips atau pendapat versi penulis, ciptakan suasana hati kita tetap happy dan semangat dalam menjalankan aktivitas meskipun dalam situasi masih pandemi. #BadaiPastiBerlalu 

Komentar

Posting Komentar